Dedicate to give information

Powered by Blogger.

Berpromosi

Kegunaan Ajeran (Si Anti Rematik)

                 Mungkin, dalam kehidupan sehari-hari saat ini, telah banyak yang memiliki penyakit satu ini. Entah sejak kapan penyakit ini muncul dan kemudian menyebar bagaikan virus tak terbendung di Indonesia. Nama penyakit tersebut ialah rematik.
                 Untuk menyembuhkan rematik, para penderitanya telah mencoba berbagai macam cara. Mungkin, artikel ini dapat membantu.. Selamat membaca

  Ajeran (Si Antirematik)
Gambar 1.1 Ajeran
Gambar 1.2 Ajeran

Tumbuhan yang berkembang biak dengan biji ini memiliki nama ilmiah Bidens spilosa L. Anggota family Compositae ini juga dikenal dengan nama ketulan, hareuga, atau kerok batok.
Ajeran tumbuh liar, menyukai tempat terbuka, agak terlindung, dan ditanah yang agak lembab. Tempat tumbuhanya dari datan rendaj hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1250 m dpl. Tumbuhan ini juga merupakan penganggu tanaman musiman dan tahunan. Bagian ajeran yang digunakan sebagai bahan obat adalah daun, batang,dan akar. Ajeran mengandung bidentin, misnyak atsiri, lilin, dan lemak.

a.       Sifat dan Khasiat
Herba ajeran berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah, dan melancarkan aliran darah.

b.      Penggunaan

1.      Penyakit Utama
@  Rematik
Herba ajeran keting 30-60 gram, potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring, minum ramuan ini 2 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

2.      Penyakit Lain
@  Influenza, demam, sakit tenggorokan, radang usus buntuk, hepatitis akut, mencret, rematik sendi, dan radang selaput otak
Daun dan batang muda segar sebanyak100-200 gram direbus dengan 2 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Air rebusa tersebut diminum dalam keadaan hangat atau dingin pada pagi hari sebellum sarapan. Ampas yang tersisa dapat digunakan untuk rebusan selanjutnya. Sebaiknya digunakan untuk sehari, dan diganti dengan bahan yang baru untuk hari berikutnya.
@  Luka, digigit ular berbisa, disengat serangga, memar karena terpukul, wasir, dan gatal-gatal
Lumatkan daun ajeran segar secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Pemakaian lainnya bsa juga dengan cara direbus, kemudian dipakai untuk mencuci bagian yang sakit.
@  Rabun mata
Rebus akar ajeran secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk obat tetes mata.
@  Sakit gigi
Daun ajeran muda secukupnya, dikunyah beberapa menit, kemudian dimuntahkan (jangan ditelan).


1 Comments for "Kegunaan Ajeran (Si Anti Rematik)"

Stainless Steel Spork - Titanium Art
Stainless Steel Spork, titanium teeth also known as rainbow titanium the Spade Steel, is a stainless tungsten titanium steel 2014 ford focus titanium hatchback version of the original, titanium chopsticks traditional stainless steel spork design.

Back To Top